Indonesia Adalah Negara Hukum

KanalSHMH – Indonesia adalah negara hukum yang jelas telah tertuang dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Hal itu ditegaskan dalam Bab I tentang bentuk dan kedaulatan negara Republik Indonesia. Pasal 1 ayat (3) UUD 1945, diantanranya menyatakan, “Negara Indonesia adalah negara hukum”.

Indonesia, dalam perkembangannya dikenal menganut sistem hukum Civil Law. Sebab, dalam sejarahnya Indonesia yang pernah dijajah oleh Belanda masih sejumlah mempertahankan kitab undang-undang peninggalan Belanda. Dalam perkembangannya, Indonesia juga cenderung membuat peraturan hukum menjadi tertulis. Bahkan, asas legalitas menjadi hampir mutlak dalam sistem Undang-Undang di Indonesia.

Berangkat dari pengaruh dimensi peradaban modern, dan warisan sistem Eropa Kontinental, hukum Indonesia tumbuh dan berkembang dalam ranah positivisme. Positivisme yang membuat norma selalu mengkristal diranah Das Sollen tidak dapat menyesuaikan dengan perubahan Das Sein yang selalu mengikuti dinamika perubahan sosial yang terus terjadi.

Peradilan Semu Mahasiswa Hukum UT Jakarta

Namun, Indonesia sendiri juga mengakui hukum yang tidak tertulis. Hal ini juga sangat dinamis mengikuti perkembangan jaman yang merupakan implementasi dari negara hukum itu.

Dalam aturan peralihan UUD 1945, Pasal I tertulis bahwa, “Segala peraturan perundang-undangan yang ada masih tetap berlaku selama belum diadakan yang baru menurut Undang-Undang Dasar ini”.

Hal ini kemudian menjadi dasar, dimana Hakim dapat menggali norma hukum yang hidup di masyarakat dalam mempertimbangkan dan memutus suatu perkara. Bahkan, terkadang hakim dapat mengabaikan peraturan tertulis yang tidak signifikan, dengan mempertimbangkan tujuan hukum itu sendiri, yaitu Keadilan dan Kemanfaatan.

Peradilan Semu Perdata Mahasiswa Hukum UT Jakarta